NOMOR SERI ICCID DAN CARA MENGETAHUINYA (UPDATE 2018)

Walaupun kurang familiar bagi orang awam, terkadang Nomor Seri ICCID menjadi sangat penting sekali. Contohnya ketika Nomor Anda terblokir maka yang dibutuhkan adalah Nomor ICCID, untuk registrasi Kartu dan mungkin lainnya yang berkaitan dengan Kartu SIM yang Anda miliki.

Mungkin tidak semua Operator memberlakukan registrasi dilengkapi dengan Nomor ICCID tapi ada sebagian yang mewajibkannya seperti Operator TRI.


nomor seri iccid

Jadi, kalau sudah seperti itu mau tidak mau Anda akan membutuhkan Nomor ICCID. bagi mereka yang belum tahu Anda bisa simak ini..

Apa itu Nomor ICCID?...

ICCID bisa disebut juga dengan Integrated Circuit Card Identifier. Nomor ICCID biasanya tersusun dalam beberapa karakter yang berjumlah 19 digit. Susunan karakter tersebut disebut Nomor Seri yang dibuat sejak proses personalisasi.

Didalam Nomor ICCID bisa menunjukkan berbagai identitas Kartu SIM seperti identitas pembuatan, identitas penerbit, kode negara dan Nomor akun SIM serta beberapa hal lain yang diatur dalam standar ITU-T E.118.

Bagaimana Cara Mengetahui Nomor ICCID?

1. Dari Belakang Kartu SIM

Cara paling mudah alias tidak ribet yaitu melihat langsung di belakang Kartu SIM. Anda bisa mulai matikan hp, membuka casing dan menarik Kartu SIM dari slotnya.

Pada bagian belakang Kartu terlihat dan terdapat serangkaian karakter / kode. Itu adalah Nomor ICCID Kartu SIM Anda. Setiap Kartu SIM yang dikeluarkan mempunyai Nomor ICCID yang unik.

Setelah itu, Anda bisa catat di kertas kemudian memasang kembali pada slotnya dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Tapi sayangnya ada beberapa Nomor ICCID yang tidak bisa terlihat atau hilang. Hal ini disebabkan karena penggunaan Kartu yang sudah terlalu lama. Mungkin Anda pengguna Kartu SIM yang setia akan mengalami hal seperti ini.

Kemungkinan besar hilangnya Nomor ICCID karena seringnya tergesek slot. Sering di lepas dan di pasang kembali pada slot lain. Atau bisa juga Anda terlalu sering berganti HP. 

Selain itu, tidak semua kartu menempatkan Nomor ICCID di belakang kartu SIM. Bisa jadi di bagian lain seperti ini.

micro sim adaptor

Apalagi sekarang jamannya Micro SIM. Jadi saya yakin kebanyakan Nomor ICCID banyak yang kepotong.

Tapi tenang masih ada cara lain untuk mendapatkan Nomor tersebut yaitu dengan menggunakan Apps..

Caranya seperti ini..

2. Menggunakan Aplikasi ICCID

aplikasi iccid

Banyak pengembang Apps Android khususnya sudah merilis Apps yang berfungsi untuk mengetahui Nomor ICCID. Tentunya hal ini sangat membantu sekali untuk mendapatkan 19 digit Nomor ICCID tanpa melepaskan Kartu.

Tak perlu lagi susah-sudah matikan HP dan melepaskan Kartu SIM secara manual.

Anda bisa coba cari Appsnya di Google Play Store disana sudah banyak yang merilis Apps untuk menampilkan Nomor Seri ICCID. Setelah itu, Anda install dan jalankan. Setelah terinstall Anda sebagai pengguna hanya perlu memberikan izin akses aplikasi ke perangkat untuk melihat Nomor Seri ICCID pada Kartu SIM milik Anda.

Maka bersamaan dengan itu Nomor ICCID Anda akan segera ditampilkan. Nomor ICCID akan ditampilkan dalam 19 digit jadi walaupun di belakang Nomor Anda tidak sampai segitu tapi Anda bisa mengetahui dengan lengkap. Ini keren menurut saya.

Ternyata mudah bukan, jadi terserah Anda sekarang mau gunakan cara yang mana. Mau cara satu atau dua. Kalau nggak mau ribet buka-buka perangkat gunakan cara Nomor 2 saja. Demikian penjelasan singkat mengenai Nomor ICCID semoga membantu ya..

0 Response to "NOMOR SERI ICCID DAN CARA MENGETAHUINYA (UPDATE 2018)"